v Profil Organisasi
· Struktur Organisasi
Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi. Karena dengan
adanya struktur organisasi dalam perusahaan tersebut dapat mempermudah
pelaksanaan pekerjaan para pimipnan dan karyawan. Struktur organisasi yang
dipakai oleh Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah adalah struktur organisasi lini dan staf dimana secara vertikal jenjang wewenang dan tanggung jawab mengalir dari atas ke bawah yang berupa perintah dan dari bawah ke atas
berupa laporan. Sedangkan secara horizontal terdapat koordinasi di antara
karyawan setingkat.
- Aktivitas Operasional
| ||||
Data Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akhir 2009 menunjukkan, total tersebut ditunjang oleh premi asuransi jiwa sebesar Rp 62,2 triliun atau meningkat 23,4% dari 2008 sebesar Rp 50,4 T. sedangkan premi asuransi umum tercatat sebesar Rp 27,1 T atau meningkat 15% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 23,6 T. Wakil Direktur Utama PT Asuransi Bumiputeramuda 1967 (Bumida) Julian Noor mengatakan, pertumbuhan ekonomi tahun 2009 cukup bagus, sehingga menunjang pertumbuhan industry asuransi secara nasional. "Alasan mendasarnya adalah pertumbuhan ekonomi yang lebih bagus daripada 2008. Kuartal I 2009 memang belum terlalu bagus karena dampak krisis. Namun, setelah itu industry asuransi mulai pulih," tutur Julian kepada Investor Daily di Jakarta Minggu (14/3)Julian menjelaskan, dampak krisis bukan hanya berpengaruh pada pendapatan premi, namun juga hasil investasi. Menurut dia hamper semua perusahaan, bukan hanya asuransi juga terkena dampak krisis 2008 terutama investasi di pasar modal. Mantapnya kinerja industry asuransi jiwa turut menyumbang sebagian besar premi industry asureansi nasional. Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Evelina F. Pietruschka mengatakan, pendapatan premi asuransi jwa mampu tumbuh signifikan pada 2009. "Setelah pertumbuhannya sempat tersendat, industry asuransi jiwa mulai menunjukkan gejala perbaikan. Tahun 2009 menjadi tahun turn over bagi bisnis asuransi jiwa," turur Evelina. Menurut dia, pendapatan premi baru (new business) dan premi lanjutan (renewal) asuransi jiwa Indonesia sama baiknya. Hal itu menandakan, meredanya krisis keuangan yang mampu memacu kesadaran masyarakat terhadap pentingnya produk asuransi dan investasi. |
Rasio Terhadap PDB Sementara itu, ditinjau dari ukuran atau rasio yang diterima secara internasional, yaitu rasio premi terhadap produk domestic brutto (PDB) industry asuransi nasional mengalami perbaikan. Total premi asuransi nasional sebesar Rp 89,4 T menyumbang 1,61% terhadap total PDB Indonesia sebesar Rp 5.535 T. Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengatakan, hasil ini cukup bak jika dibandingkan kony=tribusi pada 2008 sebesar 1,51% "Ini hampir nirip dengan kontrinbusi 2007 sebesar 1,63%. Hasil ini juga bisa dilihat seberapa besar pendapatan orang yang digunakan untuk membeli asuransi," tutur Isa. Dari segi densitas, Isa mengatakan, rata-rata orang Indonesia telah meniatkan dana sebesar Rp 382 ribu per tahun untuk membeli asuransi. Jumlah itu meningkat dari rata-rata pengeluaran orang Indonesia untuk asuransi pada 2008, yaitu Rp320-330 ribu pertahun. Jika dilihat secara perorangan dari penduduk Indonesia yang berjumlah 274 Juta orang, per orang Indonesia mengeluarkan RP 700 ribu 1 Juta per tahunnya untuk asuransi. "Ini tidak ada hubungnnya dengan apakah asuransi masih tergolong mahal atau murah. Jadi jika berandai semua orang Indonesia berkesempatan yang sama untuk membeli produk asuransi, ternyata per individu ikhlas membelanjakan Rp 382 ribu per tahun," jelas Isa. (Investor Daily, 15 Maret 2010). |
Perkembangan AJB Bumiputera 1912
Keterangan | Tahun 2009 | Tahun 2008 | Tahun 2007 | Tahun 2006 |
Pendapatan Premi | 2.038 Tr | 1.671 Tr | 1.322 Tr | 1.387 Tr |
Pembayaran Klaim | 1.262 Tr | 1.193 Tr | 1.052 Tr | 1.063 Tr |
Kekayaan (Assets) | 5.801 Tr | 5.163 Tr | 4.729 Tr | 4.115 Tr |
Pemegang Polis | 9.657.920 | 8.697.879 | 7.493.013 | 6.517.303 |
Kantor Pelayanan | 472 | 437 | 538 | 488 |
Berdasarkan Tabel 2.1, dapat dilihat bahwa premi dan kepercayaan
masyarakat meningkat dari tahun ke tahun. Pembayaran klaim terbayar, sebagai
bukti bahwa Bumiputera mengutamakan kewajibannya serta tertinggi dalam
memenuhi kewajibannya.
Dilihat dari segi asset, Kekayaan perusahaan AJB Bumiputera dinilai baik.
Masyarakat/pemegang polis tidak perlu ragu, terbukti bahwa manajemennya baik.
Dilihat dari segi Jumlah pemegang polis dan kantor pelayanannya yang terus
meningkat dari tahun ketahun adalah bukti bahwa kepercayaan masyarakat yang
tinggi kepada perusahaan serta perusahaan terbukti sangat mengutamakan
pelayanan.
- Kegiatan
- Kegiatan Bagian sekretariat Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
Syariah yaitu :
1. Menyusun rencana dan melaksanakan jadwal kerja harian, yang ditetapkan
oleh Pemimpin operasional
2. Melaporkan aktivitas kerja dalam bentuk laporan lisan dan tulisan kepada
pemimpin
3. Menyusun rencana perekrutan & seleksi calon agen
4. Menyusun rencana pelatihan dan pembinaan
5. Menyusun rencana penagihan
6. Menyusun penagihan angsuran pinjaman polis
7. Mengisi daftar agen
8. Mencatat hasil kegiatan harian
9. Membuat laporan kegiatan/Mencatat dan melaporkan penggunaan blangko
- Kegiatan para agen (orang yang mencari nasabah untuk masuk ke
asuransi) pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah :
1. Melakukan perencanaan dan pengaturan kerja
a. Menguasai pengetahuan tentang pasar, produk, perusahaan pesaing,
industri dan pengetahuan lain yang berhubungan dengan bisnis asuransi
jiwa serta sikap, pengetahuan dan ketrampilan penjualan dan pelayanan
b. Mengatur waktu operasional produksi, penagihan premi lanjutan serta
pelayanan dalam bentuk jadwal kegiatan harian, mingguan dan bulanan
c. Melakukan analisis kegiatan untuk meningkatkan keberhasilan operasi
berikutnya
d. Menyiapkan sarana operasional yang disediakan kantor, antara lain :
1). Surat penawaran
2). Sales proposal dan brosur
3). Kliping – kliping yang dapat mendukung usaha penjualan
2. Melakukan penjualan
a.Mengenali potensi pasar
b.Membuat design produk dan membuat desain presentasi
c.Melakukan presentasi penjualan
d.Membantu calon pemegang polis dalam menyelesaikan Medical Check Up
3. Melakukan penagihan premi
a.Menyusun dan membuat daftar nama pemegang polis yang potensial secara up
to date
b.Melakukan penagihan premi sesuai tanggal jatuh tempo pembayaran
c.Membantu memberikan pelayanan kepada pemegang polis.
4. Memelihara hubungan baik dengan pemegang polis dengan jalan :
a.Melakukan kunjungan berkala diluar jadwal penagihan
b.Membantu keperluan pemegang polis yang tidak bertentangan dengan
kepentingan perusahaan
c.Menangani dan menyelesaikan keluhan - keluhan pemegang polis
5. Melakukan pengamatan perkembangan pasar
a.Mencari dan mendapatkan informasi tentang perusahaan, produk dan layanan
pesaing
b.Mencari dan mendapatkan informasi aktual tentang perkembangan
lingkungan usaha dan potensi lain di wilayah pasarnya
v Aktivitas / Ruang Lingkup
- Aktivitas Kegiatan Pembelajaran :
Hari | Aktivitas | Deskripsi |
1 | Pengenalan | Dikenalkan ruanga, kegiatan serta struktur organisasi yang ada di AJB Bumiputera Syariah 1921 |
2 | Masih dalam masa pengenalan | Dikenalkan produk-produk apa saja yang ada dalam AJB Bumiputera Syariah 1921 |
3 | Mendengarkan presentasi Kepala Cabang | Dijelaskan bagaimana kegiatan yang ada pada Bumiputera Syariah, dan dijelaskan mengenai produk seperti MI, MB, MS |
4 | Merekonsiliasikan pada Bank BNI | Ditugaskan untuk menghitung rekonsiliasi pada pendapatan yang dikirim ke Bank BNI |
5 | Menghitung Pajak | Diajarkan cara menghitung pajak pada Asuransi Bumiputeras Syariah 1921 |
5 | Menghitung Pajak | Setelah diajarkan maka saya ditugaskan untuk menghitung pajak SP dan Agen pada bulan Juli |
6 | Menghitung Pajak | Setelah diajarkan maka saya ditugaskan untuk menghitung pajak SP dan Agen pada bulan Agustus |
7 | Mengentri data | Ditugaskan mengentri data karyawan |
8 | Mengentri data | Ditugaskan mengentri data karyawan |
9 | Merapikan vocher | Merapikan semua vocher, polis untuk di arsipkan |
10 | Merapikan vocher | Merapikan semua vocher, polis untuk di arsipkan |
11 | Merapikan vocher | Merapikan semua vocher, polis untuk di arsipkan |
12 | Menyusun arsip | Menyusun serta memeriksa kembali arsip terdahulu |
13 | Menyusun arsip | Menyusun serta memeriksa kembali arsip terdahulu |
14 | Menyusun arsip | Menyusun serta memeriksa kembali arsip terdahulu |
15 | Membuat premi | Diajarkan bagaimana membuat simulasi premi serta mengisi hingga mencetaknya |
16 | Membuat simulasi premi | Ditugaskan membuat simulasi untuk SP atau agen yang membutuhkannya |
17 | Membuat simulasi premi | Ditugaskan membuat simulasi untuk SP atau agen yang membutuhkannya |
18 | Membuat simulasi premi | Ditugaskan membuat simulasi untuk SP atau agen yang membutuhkannya |
19 | Mencari nasabah | Diajarkan mencari nasabah yang baik serta tahapan yang harus dilakukan |
20 | Mencari nasabah | Mencari nasabah dengan tahapan yang sudah dijelaskan |
21 | Mencari nasabah | Mencari nasabah dengan tahapan yang sudah dijelaskan |
23 | Mencari nasabah | Mencari nasabah dengan tahapan yang sudah dijelaskan |
24 | Membuat simulasi premi | Ditugaskan membuat simulasi untuk SP atau agen yang membutuhkannya |
25 | Mengentri data nasabah | Diajarkan cara mengentri data nasabah serta cara mencetaknya |
26 | Mengentri data nasabah | Ditugaskan mengetri data nasabah serta mencetak dan di salin ke buku AJB Bumiputera untuk di arsipakan |
27 | Mengentri data nasabah | Ditugaskan mengetri data nasabah serta mencetak dan di salin ke buku AJB Bumiputera untuk di arsipakan |
28 | Mengentri data nasabah | Ditugaskan mengetri data nasabah serta mencetak dan di salin ke buku AJB Bumiputera untuk di arsipakan |
29 | Mengentri data nasabah | Ditugaskan mengetri data nasabah serta mencetak dan di salin ke buku AJB Bumiputera untuk di arsipakan |
30 | Merapihkan vocher | Merapikan semua vocher serta menyusunnya, polis untuk di arsipkan |
· Jangka Waktu :
Ketika saya magang saya hanya memilih untuk sebulan saja karena itu pada bulan Agustus ( bulan puasa ) sehingga kalau saya magang lebih dari sebulan saya sulit untuk mengatur waktu nya karena bulan depan
( September ) sudah Hari Raya Idul Fitri dan dua minggu kemudiapun sudah memasuki perkuliahan.
· Pembimbingan / Bimbingan :
Bimbingan yang saya dapatkan selama kerja praktik di AJB Bumiputera Syariah 1921 menurut saya cukup baik , karena saya di ajarkan secar detail mengenai kegiatan, sistem serta kondisi yang ada di dalam perusahaan tersebut dan pembimbing saya di perusahaan tersebut termasuk orang yang friendly dalam artian dia mempunyai kepribadian yang ramah santun serta baik sehingga saya pun tidak gugup atau takut
v Hasil
· Pelayanan – Tujuan
AJB Bumiputera Syariah mempunyai beberapa pelayanan untuk para nasabah , yaitu :
1. Asuransi Mitra Barokah
Asuransi ini diperuntukkan bagi guru, pegawai, dan karyawan melalui Bumiputera, kantor cabang syariah.Pemberian Asuransinya yaitu, jika pemegang Polis :
a. Meninggal dunia, misalnya di tahun ke-5 dibayarkan sebesar Rp.16.640.347.-(Akumulasi Dana + Santunan Kebajikan).
b. Apabila anggota organisasi selaku peserta, berhenti dari kepesertaan. dapat mengambil akumulasi dana, misalnya di tahun ke-10 dibayarkan sebesar Rp.14.485.899.-
c. Besarnya Manfaat Awal (MA) setiap peserta (per-orang) adalah untuk Barokah sebesar Rp.3.600.000.- (tiga juta enam ratus ribu rupiah) yang meningkat 50% setiap tahun.
d. Besarnya pembayaran premi setiap bulannya per-orang/peserta adalah Rp.100.000.- (seratus ribu rupiah).
e. Syarat kepesertaan adalah kepala sekolah, guru dan staf dandalam keadaan sehat.
2. Program asuransi ekawarsa plus kecelakaan
Asuransi ini Diperuntukkan bagi siswa SLTP dan SLTA Melalui Asuransi jiwa Bersama Bumiputera Syariah
a. Penggantian biaya pengobatan/perawatan akibat kecelakaan maksimal sebesar Rp. 500.000.- berdasarkan kuwitansi dari :
1) Rumah sakit,
2) .Puskesmas atau,
3) Balai pengobatan dimana saja.
a) Santunan cacat tetap akibat kecelakaan (tidak berfungsinya dua anggotatubuh) sebesar Rp.4juta
b) Santunan Cacat Sebahagian dari anggota tubuh akibat Kecelakaan dengan Manfaat Awal (MA)
4) Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar Rp. 5.000.000.-
5) Santunan meninggal dunia biasa (bukan akibat kecelakaan) sebesar Rp.1.000.000.-
· Perbaikan
1. 1.Pada bidang Pemasaran, AJB Bumiputera Syariah berencana lebih mengenal potensi pasar serta m Mengembangkan dan menertibkan data base pasar yang menjadi prospek Asuransi perorangan Syariah y Yaitu pasar birokrat TNI Polri, BUMN, BUMD, Swasta, serta prospek asuransi kumpulan syariah sasar a yaitu pasar lembaga keuangan syariah dan pasar pemerintah
2. Keagenan, pemberdayaan agen lama dan agen khusus, yaitu : conselling,retraining, dan refreshing agen
pelaksanaan kepala cabang, pemenuhan agen baru (agen khusus atau askum), yaitu : rekrut calon agen
untuk semua kantor cabang syariah, utamakan agen khusus / askum min 10 orang per cabang, yang
memiliki kriteria akses yang kuat dengan pejabat, diutamakan yang memiliki kendaraan roda 4, be penampilan menarik dan simpatik, juga pembagian prospek tim penggarap Asper.
pelaksanaan kepala cabang, pemenuhan agen baru (agen khusus atau askum), yaitu : rekrut calon agen
untuk semua kantor cabang syariah, utamakan agen khusus / askum min 10 orang per cabang, yang
memiliki kriteria akses yang kuat dengan pejabat, diutamakan yang memiliki kendaraan roda 4, be penampilan menarik dan simpatik, juga pembagian prospek tim penggarap Asper.
3. Kontribusi prospek ASKUM, yaitu : perencanaan terhadap pembagian dan penetapan prospek (non
over lapping), direncanakan untuk setiap minggu dilakukan evaluasi rapat produksi, penggarapan prospek
secara sinergi organisasi Asper.
4. Setiap awal bulan direncanakan pelaporkan total tanggung jawab distribusi kuitansi, setiap tanggal 25
pemeriksaan dan pengembalian kwitansi,setiap minggu dilakukan evluasi
pemeriksaan dan pengembalian kwitansi,setiap minggu dilakukan evluasi
5. Perencanaan diterapkannya disiplin kendali (bukan hemat) biaya, yaitu :
pengeluaran biaya berorientasi pada anggaran, patuh pada batas kewenagan,membudaya pedulingkungan.
6. Pengendalian Klaim, yaitu : Rechek produksi sesuai ketentuan underwriring,pemeriksaan berkas sebelum d diusulkan/diputuskan, koordinasi dengan kantor Cabang Asper rechek Klaim, penenganan klaim
v Kesimpulan
Menurut saya dengan diadakannya prakik lapangan kerja ini sangat membantu mahasiswa untuk mecari pengalaman agar dapat berlatih bagaimana kondisi situsi dalam dunia kerja. Dengan adanya saya magang di AJB Buiputer Syariah saya dapat belajar jauh lebih dalam mengenai asuransi sebagaiman yang telah saya pelajari selama 30hari di perusahaan tersebut. Saya jadi lebih mengerti apa itu asuransi bagaimana cara mengelolahnya bagaimana cara mecari/menarik nasabah denga baik dan benar.
Nama : Abung Fayshal
Npm : 33209817/ 3DD01
Tidak ada komentar:
Posting Komentar